Tentang Kami

Visi Dan Misi Gereja Reformed Injili Indonesia

Kami menyebut diri Reformed Injili, karena kami berteologi Reformed dan bersemangat Injili. Teologi Reformed kami percaya sebagai teologi yang berbasiskan Kedaulatan Allah dan berusaha sekuat tenaga untuk menegakkan otoritas Alkitab. Semangat Injili mengingatkan bahwa sebagai orang Kristen kita harus menjadi garam dan terang dunia, mengasihi sesama yang masih hidup di dalam dosa, yang membutuhkan penebusan darah Kristus. Hal ini kami nyatakan dalam Pengakuan Iman kami, juga di dalam Beban dan Doa yang diungkapkan oleh Pdt. Stephen Tong dalam kebaktian pembukaan GRII di Jakarta.

Gereja Reformed Injili Indonesia didirikan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. GRII ini didirikan untuk memperjuangkan suatu mimbar yang setia kepada firman Tuhan. Oleh karena itu, GRII memberikan perhatian yang sangat khusus bagi pengajaran firman dari mimbar. Kami berusaha agar mimbar sungguh-sungguh menjadi tempat pemberitaan firman yang bertanggung jawab, yang didasarkan pada Eksposisi Firman Tuhan secara cermat, dan menghindarkan diri dari penyalahgunaan mimbar untuk kepentingan pribadi atau mengeruk kekayaan duniawi dan hal sekuler lainnya.

Keberadaan GRII dimanapun diharapkan bisa menjadi berkat bagi semua orang Kristen di sekitar tempat itu. Oleh karena itu, GRII tidak pernah berpikir bahwa gereja ini hanya ada dan berdiri untuk satu golongan orang Kristen, tetapi selalu berjuang agar apa yang kami lakukan bisa menjadi berkat bagi sebanyak mungkin orang dengan lingkup yang seluas mungkin.

Beban Dan Doa Kami

Beban

Berdasarkan anugerah Tuhan dan iman kepercayaan yang diwariskan dari zaman ke zaman kepada kita, kami akan melayani zaman ini dengan menegakkan mimbar yang setia kepada Firman Tuhan serta memberikan kabar baik yaitu Injil Kristus kepada sesama manusia.

Beserta semua kaum pilihan Tuhan di seluruh dunia, kami ingin melihat gereja yang teguh didirikan sebagai saksi Kristus, untuk menyongsong abad yang akan datang.

Doa

Kami berdoa kiranya Roh Tuhan menggenapi setiap Firman yang dikotbahkan dari mimbar ini. Kami berdoa kiranya setiap jemaat yang mendengar Firman dari mimbar ini memperoleh iman yang sejati melalui Firman-Nya.

Kami berdoa kiranya manusia yang taat kepada Firman-Nya boleh mengalami keselamatannya di dalam Injil-Nya dan menjadi lebih sempurna seperti Tuhan kita. Kami berdoa kiranya mimbar ini menggugah hati nurani umat Tuhan yang hidup saleh dan benar di hadapan-Nya, hidup penuh kasih dan adil di dalam tubuh Kristus, serta bertanggung jawab di dalam seluruh segi hidupnya sebagai saksi Injil Kristus di dalam dunia.

Kiranya segala kemuliaan kembali bagi Tuhan pemberi Firman kepada manusia. Damai sejahtera memerintah setiap jiwa yang dikasihi-Nya sampai selama-lamanya. Tuhan berkatilah dan pimpinlah pelayanan mimbar ini sampai kehendak-Mu jadi. Nyatakanlah visi-Mu kepada umat-Mu, panggillah hamba-hamba-Mu bagi penuaian ladang-Mu. Berkatilah bangsaku melalui mimbar ini. Kabulkanlah doa hamba-Mu.



Jakarta, 17 September 1989

Pdt. Dr. Stephen Tong

Pengakuan Iman GRII

ALLAH
Kami percaya kepada satu-satunya Allah yang hidup dan benar, yang kekal dan keberadaan-Nya tergantung pada dirinya sendiri, yang melampaui dan mendahului semua ciptaan; yang dalam kekekalan-Nya ada dalam tiga pribadi; Bapa, Putera dan Roh Kudus, yaitu Allah yang Esa; yang menciptakan alam semesta dari ketiadaan oleh Firman-Nya yang berkuasa; yang menopang dan memerintah segala sesuatu yang telah diciptakan-Nya serta memelihara ketetapan-ketetapan-Nya yang kekal.
ALKITAB
Kami percaya bahwa Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah penyataan Allah yang sempurna yang diilhamkan Roh Kudus kepada para penulisnya dan karena itu adalah benar tanpa salah dalam naskah aslinya. Alkitab menyatakan di dalamnya kesaksian Roh Kudus, dan merupakan wibawa tunggal dan mutlak bagi iman dan kehidupan, baik untuk perseorangan, gereja, maupun masyarakat. Kami percaya bahwa Alkitab tidak bersalah dalam segala hal yang diajarkannya, termasuk hal-hal yang menyangkut sejarah dan ilmu.
MANUSIA
Kami percaya bahwa manusia telah diciptakan secara unik menurut rupa Allah, diciptakan dengan kekudusan, keadilan dan pengenalan sejati; dan diperintahkan Allah untuk menghayati pikiran-pikiran Allah sebagai seorang pemelihara perjanjian yang taat: ia dipercayakan untuk memerintah dan mengusahakan ciptaan Allah lainnya untuk kemuliaan Allah. Kami percaya bahwa seluruh segi kehidupan harus dihayati di bawah perintah Allah sebagai ungkapan ketaatan kepada hukum-hukum Allah.
DOSA
Kami percaya bahwa apa yang telah terjadi dalam diri Adam dan juga adalah wakil umat manusia, mengakibatkan seluruh umat manusia telah jatuh dalam dosa dan maut; mati secara rohani, patut menerima murka adil Allah, tanpa pengharapan dan tanpa pertolongan untuk memperoleh keselamatan, baik dari dirinya sendiri atau dari luar dirinya maupun dari dunia ini.
PERJANJIAN ANUGERAH
Kami percaya bahwa Allah dalam kekekalan telah membuat perjanjian untuk umat pilihan-Nya, dengan Yesus Kristus sebagai Kepala; bahwa melalui ketaatan Yesus Kristus yang sempurna dan kematian-Nya sebagai pengganti manusia di kayu salib, Kristus telah memenuhi tuntutan murka Allah terhadap umat-Nya.

Melalui kuasa kebangkitan Kristus, Allah terus-menerus memanggil dan mengumpulkan umat-Nya dari segala zaman dan segala bangsa untuk menjadi suatu imamat yang rajani dan bangsa yang kudus bagi kemuliaan-Nya.
YESUS KRISTUS
Kami percaya kepada Yesus Kristus, Pribadi kedua Allah Tritunggal, Allah sejati dan manusia sejati, satu-satunya Juruselamat manusia; yang telah dikandung oleh Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria; hidup tanpa dosa, disalibkan mati dan bangkit dari kematian, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa untuk bersyafaat bagi umat-Nya sebagai Imam Besar, yang berhasil dan penuh pengertian; bahwa Dia akan datang kembali dalam tubuh kemuliaan-Nya, secara kasatmata dan secara tiba-tiba untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
ROH KUDUS
Kami percaya kepada Roh Kudus, Pribadi ketiga Allah Tritunggal, Pengilham Ilahi Alkitab, yang menginsyafkan manusia akan dosa mereka melalui Firman-Nya, yang melahirbarukan mereka, sehingga tumbuh iman dan pertobatan kepada Yesus Kristus untuk keselamatan; Dia memperlengkapi orang-orang beriman dengan kuasa untuk menaati hukum-hukum Allah; Dia mengaruniakan kepada Gereja Yesus Kristus karunia-karunia untuk pelayanan orang kudus; Dia bersyafaat bagi orang beriman dengan keluh kesah yang tak terucapkan untuk dan sampai hari pemuliaan umat Allah.
GEREJA & MISI
Kami percaya akan satu Gereja yang kudus dan am, yang terdiri dari seluruh umat pilihan Allah dari segala zaman dan yang sebagiannya kini terhisap dalam gereja setempat; gereja setempat harus merupakan ungkapan dari sifat Gereja yang kudus dan am tersebut dengan menjaga kemurnian ajaran sesuai dengan Alkitab, dengan mendahulukan persatuan berdasarkan kebenaran di dalam ikatan kasih antara berbagai gereja setempat dan aliran gereja yang ada, dengan memancarkan kemuliaan Allah melalui ibadah, pengajaran Firman Allah, pelaksanaan baptisan dan perjamuan kudus, persekutuan, pelaksanaan disiplin dalam kasih, pelayanan dan misi, kami percaya bahwa gereja ada di dalam dunia untuk memberitakan Injil Yesus Kristus dan mengungkapkan Ketuhanan Kristus lewat perbuatan-perbuatan nyata. Gereja menjalankan misi Yesus Kristus, yaitu menegakkan pemerintahan Kerajaan Allah atas dunia ini, baik melalui usaha-usaha penginjilan di dunia ini, sampai Kristus datang kembali untuk merampungkan penggenapan Kerajaan-Nya.

Pengakuan Iman Penginjilan GRII

1. Aku percaya Injil sebagai kuasa Allah untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya.

2. Aku percaya satu Allah di dalam Tiga Pribadi, Pencipta manusia dan dunia, Hakim Tertinggi atas semua dosa dan Sumber keselamatan manusia.

3. Aku percaya kejatuhan manusia sebagai fakta sejarah yang menyebabkan polusi natur manusia secara total. Oleh sebab itu, manusia tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri.

4. Aku percaya anugerah Allah yang berdaulat kepada manusia yang tidak layak menerima keselamatan, yang memilih umat-Nya di dalam hikmat-Nya yang tertinggi oleh penetapan-Nya yang kekal, dan bertindak di dalam proses dinamis sejarah, untuk menebus mereka di dalam Anak Tunggal-Nya, Yesus Kristus.

5. Aku percaya akan inkarnasi Yesus Kristus melalui kelahiran anak dara, hidup-Nya tanpa dosa, penyaliban, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya adalah fakta-fakta sejarah yang menyusun esensi dan berita Injil, sebagai satu-satunya sarana untuk mencapai keselamatan Allah.

6. Aku percaya kuasa darah Yesus Kristus yang membersihkan, terkandung di dalam pengorbanan-Nya yang bersifat penggantian, pemulihan (propisiasi), penebusan dan pendamaian, yang memberikan hidup baru kepada manusia.

7. Aku percaya akan pemberitaan Injil sebagai satu-satunya berita baik, yang memberikan dasar hidup bahagia dan pengharapan kekal bagi umat manusia. Penginjilan adalah:

i. Kesaksian hidup orang-orang Kristen sejati yang menundukkan diri mereka kepada perintah Allah.
ii. Menciptakan pertemuan pribadi antara orang-orang berdosa dengan Allah, melalui perantaraan Yesus Kristus.
iii. Penyebab yang menimbulkan iman yang menyelamatkan di dalam hati manusia.
iv. Kunci menuju pertumbuhan gereja dan kesukaan akan kehadiran-Nya yang kekal.

8. Aku percaya pertobatan sebagai bukti kelahiran baru dari Roh Kudus yang menghasilkan iman sejati di dalam Yesus Kristus dan menghasilkan buah-buah hidup baru.

9. Aku percaya akan pengurapan Roh Kudus di dalam penginjilan dalam bentuk keberanian, hikmat, kuat-kuasa, dan kesukaan menjadi saksi atas mereka yang mentaati Amanat Agung Yesus Kristus.

10. Aku percaya akan finalitas Injil yang adalah sempurna pada dirinya, yang tidak dapat digantikan atau dibandingkan, baik dengan pemikiran agama, ide filsafat, dan perbuatan baik duniawi (beda secara kualitatif), maupun dengan mandat kebudayaan dan kepedulian sosial di dalam iman ortodoks dan injili (hanya merupakan pelengkap dari pra- dan pasca-penginjilan), ataupun kariuna Roh Kudus dan mujizat dan tanda-tanda di dalam Alkitab (yang kadang-kadang Allah gunakan untuk menyaksikan Injil-Nya). Kita harus mempertahankan kesempurnaan Injil.

11. Aku percaya kuasa yang tidak berubah dari Injil Yesus Kristus yang mampu memelihara umat tebusan-Nya serta mengubah masyarakat melalui kesaksian mereka hingga hari penggenapan pemuliaan di saat kedatangan Yesus kembali.